Monday, March 10, 2014

Rak Buku Unik


Rak buku unik. Begitu kata sebagian yang melihat rak bukuku. Kerap kali tetangga, teman-temanku dan teman-teman suami tertarik dengan rak bukuku. Begitupun beberapa teman di sosial media ketika aku mengsharenya. Hehe jadi bukan aku yang mengatakan unik dan enggak salah jika postingan ini aku beri judul Rak Buku Unik.

Bukan pertama kalinya juga aku meposting foto rak bukuku di interner. Hehehe namanya facebook selalu menarik orang untuk mengshare, begitupun dengan rak buku ini ketika pertama kali. Tetapi mungkin karena belum banyak isinya jadi kurang menarik. Dan baru hari ini aku mengshare di blog untuk menjawab pertanyaan beberapa teman tentang rak buku ini.

Rak buku di atas merupakan kado ulang tahunku, tahun 2012 lalu. Ketika buku-bukuku mulai menumpuk dan tak tertampung di atas meja, aku kepikiran untuk membeli rak buku. Tetapi setelah memendarkan pandangan mata ke beberapa toko perabotan, tak juga menemukan desain buku yang pas. Rata-rata semua standar dan terkesan biasa. Iseng-iseng aku buat desaign rak buku dan kutunjukkan ke suami. Senang sekali, ketika suami mengatakan akan membawaku ke tukang untuk dibuatkan menjadi rak buku.

desain rak buku unik yang kubuat
Kenapa design rak bukunya miring?
Seperti yang aku bilang sebelumnya, aku menginginkan sesuatu yang berbeda. Juga disesuaikan dengan kebutuhanku, diantaranya; tempat majalah yang memang membutuhkan space lumayan luas aku taruh di atas. Sementara yang miring-miring tempat buku biasa seperti novel dan buku-buku bacaan. Juga aku menyediakan laci. Laci berpintu untuk menaruh dokumen-dokumen penting seperti piagam dan surat-surat kontrak penerbitan. Sementara laci gesernya untuk menaruh barang-barang peralatan kecil seperti cutter, selotip, dan gunting.

detail ukuran rak buku unikku menggunakan skala 1:10, silakan di klik gambar agar lebih jelas
Desain rak buku miring memang unik, menambah kecantikan interior. Tetapi dari pengalaman selama ini memakai rak buku ini ternyata ada kelemahan yang sebelumnya tidak terpikirkan. Mungkin di gambar, karena menggunakan sekala jadi terlihat kecil. Tetapi sebenarnya itu menampung buku banyak banget. Sehingga sangat kesulitan ngambil buku yang bagian miring. Mungkin mudah untuk buku-buku bagian atas, tetapi sulit banget ketika ngambil yang sudah tertumpuk paling bawah. Sehingga desain ini perlu disempurnakan lagi agar lebih nyaman dipakai. 
Garis merah penambahan sekat, garis purus-putus pengurangan sekat
Sehingga butuh disekat paling tidak menjadi dua bagian seperti gambar di atas. Beberapa space segitiga yang menghadap ke atas juga kurang efektif. Tidak bisa menampung buku, hanya buku-buku saku kecil itupun nggak banyak, sehingga bisa dihilangkan. Sementara segitiga yang menghadap ke bawah itu butuh sekatnya untuk landasan buku paling dasar.

Ke depan aku masih kepikiran untuk membuat rak buku lagi. Sudah enggak muat rak buku ini. Tetapi enggak mungkin aku membuat rak buku dengan model sama. Sementara untuk merombakpun sayang jika diedel-edel. Enggak papa deh. Penyempurnaan diatas untuk memudahkan bagi teman-teman yang ingin meniru model rak bukuku agar memiliki gambaran lain. Siapa tahu dari model rak buku ini, teman-teman menemukan model rak buku yang lebih unik lagi yang bisa aku tiru. Hehehe.

Karena gemes juga ya, pertama kali aku membutuhkan rak buku dan ingin mencari desain unik dari rak buku tidak juga menemuka. Kebanyakan foto-fotonya memang bagus, tetapi sangat susah direalisasikan. Dijual di luar negeri atau bahkan nggak ada bentuknya hanya foto doang. Jadilah aku kepikiran untuk membuatnya sendiri. Tentu pesen dong ke tukang kayu aku hanya menyodorkan desain rak buku yang sudah kubuat. Semoga dengan postingan ini, para googlinger yang mencari desain rak buku unik tidak tersesat seperti aku dulu. Mungkin saja tidak suka dengan desainku setidaknya memberikan inspirasilah. Hehehe.

21 comments:

  1. wah mbak nunu ternyata suka desain juga ya hehe.. apa dulu sekolah perkayuan mbak

    ReplyDelete
  2. Wah..
    Bagus nih, bisa dicoba untuk buku-buku yang belum memiliki tempat tinggal..
    Unik mba, model rak bukunya, saya suka!

    ReplyDelete
  3. sebenarnya kemarin mau komen mengenai rak bukunya, cuma gak jadi..hehe...nanti klu bikin rak buku baru, dishare ya...penasaran bagaimana bentuknya, hehe

    ReplyDelete
  4. unik ya, mba Nunu. cuma yang segitiga itu jadi seperti aksesoris aja karena ga bisa dipake. ntar aku coba liat desain lainnya di internet ah, kali aja bisa jadi inspirasi bikin rak sesuai kebutuhan hehe

    ReplyDelete
  5. Desain sendiri Mbak? Keren n unyu bgt :)

    ReplyDelete
  6. Coba pakai warna2 cerah pasti makin unik...lucu bgt mbk :)

    ReplyDelete
  7. sebuah ide yang tidak biasa, membuat orang jadi tertarik untuk membuat yang lebih tidak masuk akal lagi hahahaha (saya pengen ah mbikin, nyontek)

    ReplyDelete
  8. idenya uniiiik...
    Bapakku habis buat rak buat gudang, kayaknya bisa nih ditodong biar buat rak buku :D

    ReplyDelete
  9. Mbak sebenarnya sih rak bukunya memang unik. Cuman itu kalok yang letaknya miring apa gak susah ngambilnya?

    By the way, nice blog and visit my blog on: http://goo.gl/T7us6P :)

    ReplyDelete
  10. Huaa, kereen rakbukunya mbak Nunu. desainya memang gak seperti biasa, dan datar sejajar. kalau sudah buat yang baru nanti dishare lagi yah, mbak. barangkali nanti saya mampu dengann anggaran pribadi untuk buat juga:D

    ReplyDelete
  11. berbeda emang indah ya , raknya cantik mbak :)

    ReplyDelete
  12. Bsa dapat ide unik gitu ya...., mbak nunu orangnya kreatif juga.... :)

    ReplyDelete
  13. raknya dibuat asimetris, menarik ....

    ReplyDelete
  14. Mbaak gak nyangka kalau dirimu jago Desain rak buku. melihat modelnya jadi pengin bikin juga..

    ReplyDelete
  15. ahhhh unik juga :D
    menurut saya penataan buku2 yg rapih dan unik bisa bikin semangat baca selalu ada, lho
    Tbh saya jadi terinspirasi buat bikin rak buku unik begitu hehe

    ReplyDelete
  16. waaah ini keren banget rak bukunya mak :)
    jadi kan kalo ngambil buku, pas liatin judulnya kepala ga usah ikut miring-miring.. hihihihhi...

    btw makasih udah mampir ya maaaak.. :)

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog