Thursday, April 10, 2014

Baitul Hamdi Menunggal

Masjid sederhana tapi nampak elegant
Namanya Masjid Jami' Baitul Hamdi. Sekilas namanya memang sama dengan nama Masjid kubah emas yang berada di kompleks Kantor Gubernur Jatim jalan Pahlawan Surabaya. Berbeda, Masjid Baitul Hamdi yang ini berada di desa Menunggal kawasan Kedamean Gresik. Jangan dibayangkan Gresik utara tapi Gresiknya bagian selatan berbatasan dengan Mojokerto dan Sidoarjo.

Mampir ke Masjid ini pada suatu sore untuk sholat Ashar saat perjalanan pulang dari Ngunduh Madu di rumah Pak Fudi. Ternyata dari Gogor, rumah Pak Fudi, ada jalan tembusan menuju Krian, Sidoarjo. Jalannya tembus jalan raya Karangandong. Bagi yang pernah lewat jalan raya Krian-Kedamean pasti tahu. Itu lho perempatan yang tak ada lampu merahnya setelah perempatan Legundi.

Seingatku pas melewati jalan tikus ini. Ada dua Masjid. Satunya nampak megah dan mentereng, rupanya masih jauh. Sementara jam sudah pukul 17 lebih dan belum Sholat Ashar, jadilah mampir ke Masjid Baitul Hamdi yang bertemu duluan.

Disebut Masjid, ukurannya emang nggak besar untuk ukuran Masjid. Kalau disebut Mushala ukuran juga terlalu besar. Sedanglah.

Begitupun arsitekturya sederhana tapi bagus dan kokoh sekali. Mungkin lebih cocok dibilang elegant. Semuanya nampak terjaga. Mulai dari kebersihan kamar mandi sampai mukenanya, Alhamdulillah enggak bau dan berjamur meskipun enggak tertata.

Dua hal yang menarik. Pertama piala. Meskipun kecik Masjid ini berprestasi di kampungnya. Meskipun cuma satu, Masjid Baitul Hamdi pernah meraih juara 1 Gebyar Takbir Keliling. Tentu remaja masjidnya, masak masjidnya yang keliling. Hihihi

Dan yang kedua. Ketika baru keluar dari tempat Wudhu, aku baru nyadar di dalam lorong tempat wudhu yang kulewati (masih dalam masjid sebelah imam) terdapat makam. Kata suamiku, sudah tradisi orang Gresik kerap dalam masjid terdapat makam pemiliknya.

Akupun menjadi berpikir, bukankah masjid itu punyanya ummat? Mungkin yang dimaksud adalah orang dermawan yang membangun masjid tersebut.
Lampu gantung Masjid
Istirahat sebentar usai sholat

12 comments:

  1. Memang terlihat elegan bangunannya.

    ReplyDelete
  2. Perjalanan yang menyenangkan ya Mbak..

    ReplyDelete
  3. Nu2, pengen banget bunda tuh mengadakan yang namanya Wisata Rohani, tapi sampai sekarang belum kesampean tuh. Di wilayah dekat rumah bunda ada Masjid Kubah Emas. Kapan2 kalo Nu2 bertandang ke Ciputat/Pamulang, mampir ya, nanti bunda ajak ke sana, ini kalo Nu2 belom pernah ke masjid itu.

    ReplyDelete
  4. setiap daerah memang memiliki masjid yang unik berikut cerita sejarah di dalamnya ya mbak Nu..selain itu juga menjadi satu kebanggaan buat maarakatnya.. :)

    ReplyDelete
  5. Hehe...koq agak bingung ya mau ngisi komentar. Yang tadi ternyata gak masuk tuh, jadi bunda ulang aja lagi komentarnya. Bunda sendiri sebenernya pengen banget mengadakan Wisata Rohani tuh, tapi sampe sekarang blom kesampean. Kapan2 kalo Nu2 berkunjung ke Ciputat/Pamulang, tak ajak jalan2 ke sebuah Masjid di wilayah dekat rumah bunda (maksudnya dekat wilayah rumah bunda), namanya Masjid Kubah Mas. Atau mungkin Nu2 udah pernah ke sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bundaaaa.... emang di midernisasi hehhee... masuk dua2nya... hwaaa.. pengen bundaaa... masjid kubah mas depok itu yaaa

      Delete
  6. Kalau dilihat dari fotonya, sepertinya memang bersih dan rapi banget, ya. Senang rasanya kalau bisa beribadah di tempat yg terawat seperti itu, hehe....

    ReplyDelete
  7. Mbak Nunu lihat pialanya di mana?, apa ada di dalam masjidnya yah?. ke Sumenep, mbak. ke Masjid Jami' sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas richo. Nanti mau ditambahin kalau inet gak ngadat hehehe

      Delete
  8. itu dekat dengan rumahku mbak bubu,,kedamean dekat banget dengan menganti,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh mbak.. Ini kedamean yang dekat krian

      Delete
  9. gede dan bersih ya, mba Nunu. kalo di sini biasanya di sebelah masjid ada kuburan :D rada serem sih, tapi memang yang mbangun masjidnya semacam sesepuh kampung gt, mba. yang dikubur di situ.

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog