Saturday, May 24, 2014

Berkunjung Ke Pabrik Tahu Sumedang di Sukodono, Sidoarjo

Tahu Sumedang yang baru saja digoreng, ditiris di atas nampan berjejer di atas rak kayu khas pabrik tahu. 
Siapa yang enggak tahu, tahu khas Sumedang. Meskipun khas rasa dan bentuknya dari Sumedang, di Sidoarjo terdapat beberapa pabrik tahu Sumedang, diantaranya pabrik tahu yang ada di daerah Sukodono ini.

Satu tahun lebih menjadi bagian dari warga Sukodono (baca: ngontrak di Sukodono) baru tahu keberadaan pabrik ini saat menjelang kepindahan. Bahkan keberadaannya sangat dekat dari tempat tinggalku. Sekitar lima menit berkendara naik motor. 

Yup, tahu termasuk salah satu pilihan kami untuk suguhan tamu saat syukuran lebon omah (masuk rumah) bersama Mbote dan makanan ringan lainnya. Suami tahunya dari rekan kerja yang pernah membawa tahu ke kantor untuk cemilan teman-temannya. Tidak ada salahnya, jika tahu yang biasanya menjadi pendamping makan atau cemilan saat di atas bus atau kereta, juga menjadi cemilan acara penting seperti ini. 

Pas sekali, ketika ke pabrik ini aku membawa smartphone suamiku. Karena suami sedang pijat sehingga aku yang belanja tahu sendiri dengan diantar teman kerja suamiku yang sudah biasa order. Sehingga bisa cekrak-cekrek dengan sesekali ngobrol dengan Pak Yadi, pemilik pabrik tahu yang sedang mengambilkan tahu orderanku. 

Pak Yadi adalah orang Sumedang asli yang sudah puluhan tahun hidup di Sidoarjo dengan memproduksi tahu Sumedang. Mulai dari harga tahu 7.000 hingga sekarang 25.000 per porsi kresek (plastik) besar, sekitar isi 200 biji tahu. 

Rata-rata mereka yang melakukan order ke pabrik tahu ini memang untuk usaha alias dijual kembali. Tahu-tahu yang mereka beli mereka bungkusi ukuran kecil (ecer) berisi 6 tahu per bungkus Rp. 2.000-an seperti yang dijual di bus-bus. Tetapi bagi mereka cukup dititipkan ke warung-warung, seperti warung kopi atau warung-warung makan biasa.

Usaha cukup lumayan dan menjanjikan bagi masyarakat kecil sekitarnya. Jika dikalkulasi untung ruginya seperti ini:
>> Tahu Sumedang isi 200 : 25.000
>> Bungkus plastik : 5.000
Modal yang dibutuhkan : 30.000

Sementara dari 200 tahu bisa menghasilkan sekitar 33 bungkus isi 6 tahu dengan harga 2.000 rupiah per bungkus. 
>> 33 x 2.000 = 66.000

Sehingga untung yang didapatkan 36.000 atau 100% lebih dari modal yang dikeluarkan.
Pengecer saat order ke pabrik tahu milik Pak Yadi
Selain melayani pengecer, tahu Sumedang olahan pabrik Pak Yadi ini juga didistribusikan ke Surabaya, kepada agen besar yang melayani para penjual Tahu Sumedang di atas angkutan umum macam Bus atau Kereta Api. So, bisa jadi tahu Sumedang yang pernah Anda makan saat diatas Bus atau Kereta Api, bukan berasal dari Sumedang melainkan dari Sidoarjo. 

Salah satu karyawan Pak Yadi 

15 comments:

  1. ya kaya warteg atau warung masakan padang, orang yg jualana pasti bersal dari daerah nya sendri, yg kemudian buka usaha,

    sama seprti pengusaha tahu yg di sidoaojo , kn emg aslinya org sumedang jadi ya biar tahunya dari sidoarjo rasa tetap sumedang ...hehehe :D

    ReplyDelete
  2. Duh.. Ngga kebayang sedapnya tahu Sumedang itu, Mbaaaak.. Hihihihi.. :p Uda murah, enak pulak.

    ReplyDelete
  3. kl di batam tahu sumedangnya diksh petis...enakkk :)

    ReplyDelete
  4. camilan kesukaan ane nich hehehhehehe....... anget2 ma cabe.... brbrbrbrrbrbrbrbr

    ReplyDelete
  5. tahu Semedang hangat celus lombok rawit...sadap nian Jeng Nunu...

    ReplyDelete
  6. Seneng yo bisa tumbas langsung di pabrike. Lebih murah tentunya. :D

    ReplyDelete
  7. wah sumedang nih pabriknya tahu, sampe terkenal ke daerah jawa barat :D

    ReplyDelete
  8. Met kenal, dapet nama mbak e dari blog mas Adi, hehe.. karena saya dapet The Liebster Award dan saya tidak tau harus meng-estafetkan kemana lagi, jadi aku kasih ke kamu aja deh mbak.. persyaratanya ada di sini http://danitama.blogspot.com/2014/05/the-liebster-award.html

    ReplyDelete
  9. di bis aku selalu makan tahu sumedang bikinan pak yadi donk :)

    ReplyDelete
  10. Cemilan favorit saya tuh, tahu goreng :D

    ReplyDelete
  11. Kalau boleh tau .. itu pabrik daerah sidoarjo mna ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. CAri aja daerah Luwung, Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono.

      Tempatnya ada di pelosok sih jadi susah ngejelasinnya, ntar kalau sudah sampai luwung tanya aja Pabrik Tahu Sumedang. Tanyanya di sekitara Alfamidi Sukodono ya biar gak jauh2

      Delete
  12. ada nomor telp atau hapenya utk produsen tahu sumedang sidoarjo ?

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog