Friday, June 27, 2014

Khimar, Trend Hijab Ramadhan dan Lebaran 2014

Selain syar'i, khimar membuat pemakainya nampak lebih anggun
Transformasi gaya berkerudung saat ini lebih dikenal dengan kata hijab, daripada pendahulunya kerudung ataupun jilbab. Begitupun dengan istilah khimar ini, masing-masing kata tersebut sejatinya memiliki makna sama, yaitu penutup kepala (aurat). Sementara jika dalam dunia fashion memiliki makna serupa tapi tak sama.
(Baca juga; Trend Busana Lebaran 2014)

Hijab identik dengan gaya pemakaian baik itu menggunakan jilbab segi empat, pashmina panjang dan berbagai macam jenis hijab lain, termasuk khimar. Yaitu sebuah hijab lebar hingga menutup dada, biasanya berbentuk setengah lingkaran, sehingga jika dipakai akan melingkari tubuh pemakainya. Tak salah jika banyak yang menyebut khimar sebagai hijab syar'i.

Padahal hijab model khimar ini sudah ada sejak dulu sebelum metamorfose hijab. Hanya saja perbedaannya pada good looking. Jika dulu pemakai khimar dianggap hanya pada orang penganut aliran tertentu, dengan bentuk yang monoton dan dengan warna itu-itu (umumnya hitam) saja, khimar sekarang mengalami metamorfose menjadi model hijab menawan, indah dan fashionable sehingga mampu diterima oleh kalangan hijaber. Tak sedikit pula yang tertarik memakai hijab syar'i ini dari yang sekeder untuk kepuasan fashion sampai mereka yang benar-benar ingin lebih menutup auratnya, terutama mereka yang dulu disebut sebagai kalangan jilbaber, khimar memikat selain lebih good looking juga lebih simple pemakaiannya.

Khimar sudah mulai merebak sejak awal tahun 2014 justru bukan dari kalangan designer. Mereka adalah para pemakai jilbaber yang menjadikan dunia fashion sebagai media dakwah. Mereka mencoba mengenalkan cara berhijab lebih syar'i tanpa belibet leher seperti kebanyakan para hijaber, yang tetap fashionable meski panjang dan menutup dada. Mereka lebih memainkan bahan dan kombinasi warna.

Tetapi di tangan industri kreatif para designer, khimar yang dirasa sebagai model hijab baru yang akan mewarnai dunia fashion muslim, memiliki model beragam. Mereka memainkan potongan serta memadukan model hijab hoodie dan layer dengan warna-warna lembut seperti warna pastel. Sebut saja brand fashion muslim Indonesia, Shabila dan Miss Marina. Keduanya mengeluarkan seri hijab syar'i model khimar. Meskipun bukan merupakan koleksi untuk Ramadhan dan Hari Raya Iduel Fitri 2014, hijab syar'i ini masih tetap diburu oleh kalan fashionista muslimah. Bahkan mungkin bisa jadi masih akan menjadi trend hijab Ramadhan hingga Hari Raya nanti.
(Baca juga: Jajanan Paling Diserbu Saat Lebaran)

5 comments:

  1. Lebih panjang ya Mbak, kerudungnya.. Cakep. Apalagi warna pastel gitu.. :D

    ReplyDelete
  2. Warnanya soft ya, mba. Sukaa!

    ReplyDelete
  3. oh gt... skarang warna2nya memang menarik :)

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog