Sunday, September 21, 2014

Detail Arsitek dan Pesona Warna-warni Masjid Annur

Masjid Annur di bawah terik mentari
Namanya masjid An-nur, masjid ini terletak di daerah Dungus, Sukodono, Sidoarjo. Bisa dibilang ini masjid baru, pembangunannya baru beberapa tahun terakhir. Aku ingat benar bagaimana masjid ini masih berupa bangunan semen dan pasir khas bangunan baru. Memang masjidnya besar, oleh karena itu ia mendapat label Masjid Raya. Sekarang masjid ini bukan hanya besar, tetapi benar-benar megah sekaligus mewah dengan ukiran dan penggunaan cat warna-warni mempesona orang untuk mendatanginya.

Aku sendiri sering banget lewat jalanan depan masjid ini. Sayangnya masih juga belum ada waktu untuk mampir. Padahal sudah request berkali-kali ke suami untuk sholat di sini. Baru kesampaian Ramadhan kemarin sewaktu jaga bapak di rumah sakit dekat masjid ini. Meski harus jalan sekitar 10 menit di tengah terik matahari dalam kondisi puasa, dijalani saja saking kepinginnya.

Ternyata pembangunan masjid Annur belum selesai benar. Dari penampakannya seperti sempurna, ternyata di dalam juga masih ada proses pembangaunan. Tapi tenang keberadaannya tidak mengganggu ibadah. Karena hanya lantai dua yang belum selesai.

Baru memasuki pelataran masjid nampak beberapa orang istirahat. Mereka kebanyak sopir truk pabrik atau pekerja lapangan yang mampir sholat sembari istirahat. Luasnya halaman masjid membuat kemudahan beberapa sopir truk-truk besar. Mungkin memang disengaja menyediakan parkir luar karena jalan depannya sering lalu lalang truk pengangkut barang produksi pabrik.

Aku tak sabar ingin segera merasakan segarnya air wudhu, langsung menuju kamar mandi yang berada tepat dibalik masjid. Suka dan betah. Kamar mandinya disesuaikan dengan kepribadian muslimah, arsitekturnya girly. Begitupun warnanya kinclong dan pas banget dengan perpaduan warna yang menarik antara kuning, hijau dan pink.
Area tempat wudhu warnanya eye catching perpaduan warna kuning dan hijau
Area kamar mandi wanita dibuat lebih girly sesuai kepribadian muslimah dengan wall art motif kupu
Pikirku, pengurus pembangunan masjid ini menunjukkan kesungguhannya. Entah siapa dibalik penyandang dana pembangunannya, tapi bagiku detail pembangunannya benar-benar diperhatikan. Sekalipun kamar mandi sentuhan arsitekturnya tidak ketinggalan.
Atap masjid dengan langit buatan
Di dalam ruangan seperti bukan berada di masjid. Rasanya masih berada di luar dengan cuaca mendung sesejuk langit buatan yang berada di atap masjid. Begitupun untuk dinding-dindingnya. Semilir udara menerobos masuk melalui celah-celah kecil dinding 'loster'. Hal ini membuat masjid ini senantiasa benderang di siang hari.
Dinding masjid menggunakan loster bercelah sehingga semilir angin mudah masuk memnuhi ruangan
Di sisi kanan dan kiri bagian depan masjid terdapat menara. Inilah pesonanya masjid Annur. Dua menara yang menjulang tinggi menjadi point of view masjid. Bisa dibilang pesonanya ada pada dua menara ini. Diantara menara-menara masjid yang ada du Sidoarjo, menara masjid Annurlah yang paling bagus. Menara diukir senada dengan arsitektur majid mulai dari bawah sampai ujung. Tak ketinggalan pesona full colournya. Apalagi pada malam hari, lampu dari kedua menara Masjid Annur menjadi perlambang kemakmuran masjid ini.
Detail ukiran menara masjid
Ukiran menara dari bawah sampai atas
Bagi yang penasaran dengan masjid ini. Untuk menjangkaunya dari Surabaya ataupun arah Mojokerto masuk ke selatan di pertigaan Kletek, menuju pasar Puspaagro dan masih lurus, sekitar 2 kilo dari sana. Sebelah kanan sebelum perempatan dungus, disitulah masjid ini berada. Jika ke sini jangan lupa siapkan full baterai hape ya, agar bisa foto-foto. Sayang banget masjidnya begitu cantik, bisa untuk foto prewedding islami. Sayang aku pas ke sini sendirian sehingga gak ada yang fotoin aku, huhu.


16 comments:

  1. dari pintunya udah terlihat kemegahannya :D di Denpasar juga ada namanya masjid Annur, besar tapi arsiteknya gak kayak gitu :D

    ReplyDelete
  2. Wah keren ya mbak mesjidnya, kayak istana kerajaan timur tengah, hehehehe :D

    ReplyDelete
  3. Indahnyaaa, tapi jauh ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  4. luar biasa ya karya arsitek tersebut, masjid nya indah sekali dan ornament nya berkelas juga, ditambah dengan kebersihan di masjid terjaga dengan baik, sehingga bisa khusyu' untuk beribadah ya kak. :)

    yuk ikutan lomba kak :D

    ReplyDelete
  5. liat ornamen dan arsitektur warna warni yang gumirilap gituh di Mesjid Annur, saya jadi inget sama istana kerajaan yang di kuasai yang mulai Raja Yudistira bersama kerabatnya 4 anak pandu, yang ke 5 nya saya adik bungsu mereka.

    imbas nonton mahabarata antv

    ReplyDelete
  6. Semoga kemegahan mesjidnya, di imbangi dgn banyaknya jamaah yg memakmurkan mesjid..

    ReplyDelete
  7. Bagus mbak masjidnya, toiletnya juga bersih ya...Berarti tempatnya ini bukan di jalan raya malang-surabaya ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Aku sukak dindingnya ada ornamen kupu-kupu gitu, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  9. subhanallah indah sekali ....... apalagi namanya .... An-nur ... mengingatkan masjid di pesantren dulu .... :)

    ReplyDelete
  10. Desainnya modern ya, Nu. Kamar mandinya warna kesukaanku pinky pinky-he.

    ReplyDelete
  11. mesjid memang bisa jadi salah satu destinasi ya.karena sudah pasti didesain dengan indah bahkan sering menjadi ikon suatu tempat atau kota, berkesan teduh dan nyaman berada disekitar,dan juga memberi kekhusukan bagi muslim yang beribadah di dalamnya. Apalagi buat kita kaum muslimah ya, selalu merasa senang dan tersanjung jika mendapati desain dan detail kamar mandi yang memperhatikan kebutuhan kita akan privasi,kebersihan dan keindahan.

    ReplyDelete
  12. Sekedar info, Masjid An-Nur Sukodono juga sudah muncul di saat adzan Maghrib Arek TV.

    ReplyDelete
  13. Ass.wr.wb
    Kami atas nama panitia pemb.dan segenap ta'mir Masjid Jami,An Nur Dsn Dungus Ds /Kec Sukodono Kab Sidoarjo Jatim .Kami ucapkan Jaza kumulloh khoiron kasroh terima kasih yg sebanjak banyaknya terutama kep bak Nunu slk penulis dan segenap komentator mudah mudahan dg niat yg ikhlas bisa menjadi amal ibadah amin yarobbal alamin.
    Dan perlu anda ketahui bahwa pemb.Masjid Jami' An Nur dimulai hari Ahad 12 Dulhijjah1425 H/25 Januari 2005 M Peletakan batu pertama oleh Bpk Bupati Sidorjo
    Dan sama sekali tdk ada jasa arsitek atau gambar yg detil .kami segenam Pan pemb.survei ke beberapa Masjid yg ada di jatim bahkan sampai ke Masjid Kuba Mas Depok.dan untuk pemb Menera kembar ala Nabawi dg ketinggihan 50 m kami dg kpl tukang melihat gambar Menara Masjid Nabawi yg ada di Aula Kementrian Agama Sidoarjo.

    TTD
    H. Habib Husni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pak Habib.. Saya nitip masjidnya supaya senantiasa dijaga njeh pak. Sudah cantik banget masjidnya. Semoga mendapat pahala berlimpah para pengurusnya

      Delete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog