Wednesday, September 17, 2014

Menikmati Kuliner British di Stilrod Cafe Surabaya

Rutinitas kerja setiap hari kadang membuat hidup ini terasa jemu dan membosankan. Hidup hanya berkutat di rumah, jalan dan kantor. Perlu suasana berbeda. Sesekali enggak ada salahnya kongkow atau nongkrong bareng teman. Kalau aku, sendirian pun jadi. Asal tempat kongkownya menyediakan wifi gratis dan makanan enak serta didukung suasana yang nyaman, betah deh berlama-lama sendirian. Kemana? Ke London dong, hehehe.
Stilrod, The British Cafe in Surabaya
Entak kenapa London itu identik dengan suatu kenyamanan. Image vintage yang terbangun dari kota ini menginspirasi sebuah cafe di Surabaya menciptakan suasana London di cafe tersebut. Yup, enggak perlu jauh-jauh terbang 12k+ kilo meter untuk mendapatkan suasana vintagenya London, di Stilrod Cafe aku bisa menikmati aroma London yang menguar mulai dari pintu masuknya.

Saat pertama kali masuk, takjub dengan cafe ini. Arealnya luas, terdapat beberapa pilihan tempat bagi mates yang datang ke sini. Oh iya, mates itu sebutan bagi costomer Stilrod cafe loh, unik ya. Para mates bisa menyesuaikan, bila mengajak keluarga bisa ngariung bareng di gazebonya, atau discus dengan teman bisnis di sofa seat, makan malam romantis di dining room dengan pasangan, atau berkelakar seru dengan teman nongkrong di areal terbuka hyde park sembari menikmati angin malamnya Surabaya, atau malah barbequean di Hyde Park, juga bisa. Areal taman yang luas membuat Hyde Park ini disewakan juga oleh pemiliknya untuk acara-acara khusus, seperti birthday party atau mungkin sekedar barbequean bersama teman dan keluarga.
View jendela dining room seperti viewnya jendela kereta api di London
Aku paling suka dining roomnya, ada beberapa seat dengan pilihan sofa atau santai dengan view seperti jendela kereta api kuno. Yup, seperti tema bangunannya, vintage industrial, Stilrod cafe banyak menggunakan woodie interior dilengkapi dengan koleksi barang-barang ikonnya London. Seperti mobil terbang Ron dalam film fantasi Inggris Harry Potter, juga telephone box warna merah khas dari London.

Begitu aku mendekat, mereka langsung mengajakku foto, sepertinya tahu sebagaiaman aku suka bergaya depan kamera. Dan ini free, para mates diperbolehkan berfoto ria. Kecuali untuk foto konsep, seperti prewedding, Stilrod menyewakan barang-barang khas London sesuai kebutuhan. Selain yang dipajang di cafe, ada juga taxi khas London. Tarif sewanya bisa by request disesuai dengan budget calon pengantin. Duh, jadi pengen prewed lagi yak.
Diajakin foto sama telephone box hihihi
Diajakin foto sama mobilnya Ron :p










Aku sendiri juga heran, kenapa nama cafenya aneh banget. Jauh dari nama-nama makanan atau yang berbau kuliner. Memang sejak awal, aku sudah menduga cafe ini memiliki konsep anti mainstream. Kalau dari spellingnya, Stilrod berasal dari bahasa Inggris, Still "masih" dan Road "jalan". Stilrod memang masih berada di jalan-jalan strategis Surabaya.

Cafe dengan tema authentic London ini terletak di pusat bisnis Surabaya. Diapit oleh banyak kantor perbankan yang beroperasi di sekitarnya. Juga kawasan wisata dan hang out seperti Taman Bungkul, sehingga mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan.

Tidak sulit untuk menemukan cafe yang beralamat di Jalan Juwono 2 ini. Dari arah Surabaya pusat, setelah Taman Bungkul Surabaya. Sementara kalau dari arah Surabaya Selatan memang harus putar balik di depan Taman Bungkul tersebut, sekitar 100 meter atau 3 menit jalan kaki dari Taman Bungkul. Kalau naik mobil atau motor, "sak wussan ae" kata orang Surabaya.
Mau kemana? Ke London 12k+ km lagi
Ternyata penamaan Stilrod cafe memang tidak jauh dari Hobby pemiliknya, Ibu Adis Rajasa. Bisa dibilang Ibu Adis seorang cycleholic. Beliau memiliki hoby bersepeda bersama teman-temannya. Dan kegiatan bersepedanya selalu diakhiri dengan kongkow di cafe. Sehingga cycle shop yang beliau kelola sejak November 2012 disulap menjadi Stilrod Cafe.

Untuk mempertahankan kekhasan dari hobynya, Ibu Adis menambahkan dengan beberapa ornamen khas jalanan seperti mobil dan motor jadul, tetap ditata sedemikian rupa untuk menambah kesan vintage. Cafe inipun membawa bayanganku pada sosok Bu Adis Sendiri, benar-benar mewakili sosok Bu Adis dalam bentuk cafe. Young, Stylish and fashionable, Affdorable and Friendly seperti young eksekutif.
Sosok bu Adis Rajasa diambil dari Instagramnya @adisrajasa
Seperti mottonya, experience you'll bloody love, Stilrod cafe memang menawarkan kesukaan bagi setiap orang. Bukan hanya suasananya, tetapi juga makanan-makanannya. Ini yang bikin betah, makanan yang disajikan enak-enak. Apalagi sejak bulan September 2014 ini, Stilrod yang memang melakukan pembaharuan pada beberapa sudut cafe, juga melucurkan menu baru. Salah satunya yang menjadi juara adalah Scocth Egg. Saat makan di sini bersama 9 blogger lain, Scocth Egg mendapat nilai lebih, selain porsinya yang pas juga bikin nagih. Berikut beberapa menu andalan dari Stilrod Cafe yang wajib di coba
Scocth Egg, olahan khas Stilrod Cafe 
Scocth Egg
4 potong olahan telur rebus dibalut dengan daging asap dan diberi sentuhan saos khas dari Chef Stilrod Cafe. Scocth Egg merupakan menu baru sejak 1 September di Cafe Stilrod. Penampakannya begitu menggoda. Kalau aku makannya di cocol pakai sambal, tetap walaupun makan makanan London, lidah tetap asli Suroboyo, suka pedas, hehehe.

Bangers and Mash cocok buat menu makan malam
Bangers and Mash
Ke cafe British enggak lengkap tanpa mencoba salah satu makanan traditionalnya Inggris, Bangers and Mash. Terdiring dari 3 potong daging sautéed chicken, veal and beef gourmet sausage diatas kentang tumbuk. Bisa dibilang ini makanan berat atau main course. Kalau orang Indonesia makan nasi, orang British nasinya diganti dengan kentang tumbuk. Ditambah dengan saus lada hitam olahan chef Stilrod membuat lengkap sajian ini. Tetap, lidah cabainya Surabaya enggak bisa diganti dengan lada, makan ini juga dicocolin ke sambel lebih yahut lagi, hihihi.
Stilrod British Pizza
Stilrod British Pizza
Pizza ini lain daripada Pizza yang aku makan di restoran Pizza. Kulit pizzanya tidak memakai roti melainkan adonan tepung yang dibuat crunchy. Lebih enak juga, isi pizzanya antara lain tomato concasse, smoked beef, grill chicken, sauté slice onion, mushroom, cheddar dan mozzarella. Bahkan aku makan lebih dari satu potong pizaa. Hihihi
Cream Brulee khas Stilrod Cafe
Cream Brulee
Ini dessert favoritku di Stilrod Cafe. Meskipun ini merupakan menu khas Italia, Cream Brulee juga menjadi menu andalan dari Stilrod Cafe. Lain dari cream brulee biasanya yang toppingnya berwarna kecokelatan. Lembut creamnya lumer di lidah, ditambah dengan kacang almond dengan rasa manis yang pas khas Stilrod.
Union Jack Mocktail
Tropical Splash


Tropical Spalsh and Union Jack Mocktail
Bisa dibilang dua minuman ini termasuk minuman segar yang melegakan. Ibaratnya paling pas diminum saat dahaga. Cocok bagi kalian yang ingin keluar dari kepenatan rutinitas kerja seharian dengan menikmati kesegaran Mocktail ala Stilrod.

Tropical splash adalah perpaduan antara juice mangga dan nanas dengan jeruk. Sementara Union Jack adalah special mocktailnya British. Tenang meskipun special british tetap aman, dalam membuat mocktail Stilrod memakai soda bukan cocktail ya, hihi. Mocktail Stilrod lainnya, London Eye, Summer Sunset dan Bloodstock.
Halthy Drink, Kiwi Fruit Juice
Healthy Drink Kiwi Juice
Cocok banget nih bagi yang sedang diet sehat. Healthy drink Stilrod memang dalam bentuk juice buah-buahan. Ada jus strawberry, dragon fruit, lime, guava dan kiwi seperti foto di atas. Selain sehat karena penggunaan buah-buahan yang segar dan alami, healthy drink ini tidak menggunakan gula baik sirup maupun gula biasa, tetapi menggunakan madu asli.

Untuk meningkatkan trust mates, awalnya healthy drink ini disajikan terpisah antata juice dengan madu. Namun ternyata membuat mates kesulitan mixing, juicepun disajikan sudah mix dengan madunya.
O Coffee Frappe
For Coffee Lover
Bagi yang suka nongkrong, ragam pilihan coffee menjadi teman yang tepat. Mulai dari original coffee, espresso sampai sajian coffee frappe.

Original coffee disajikan dalam dua metode pembuatan, menggunakan French Press atau Brewed with Syphon, yaitu sebuah alat untuk menghasilkan suguhan kopi dengan kenikmatan berbeda. Hmm... Kalau aku ngajak suami ke sini bisa betah gak pulang-pulang.
Model Stilrod wanna be hihi
Dan terakhir yang menjadi penilaian sebuah cafe adalah kebersihan. Dari yang paling bisa dilihat adalah bagaimana kebersihan wastafel dan toiletnya. Semua terjaga dan terkondisi dengan baik. Meskipun berkonsep vintage dengan segala sesuatu yang kuno, tetap toiletnya berkonsep modern cleaning yang memudahkan para mates. So, suatu saat bakal balik lagi deh ke sini bareng suami.

Eh iya, jangan lupa mampir ke cafe shop Stilrod tepat satu area dengan cafenya. Menjual segala pernak pernik atau merchandise dan clothing khas dari negara ratu Elisabeth, British. Lumayan daripada harus ke London dulu yak.

34 comments:

  1. waw enak-enak banget ya menu makanan di cafe , jadi pengen nih nyicip-nyicip ehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget di cafe ini, harganya bersahabat

      Delete
  2. Kapan2 bisa icip di sini. :)

    ReplyDelete
  3. gak usah jauh-jauh ke London ya

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Ayo mbak dwi, kapan nraktir aku di sini ya hehehe

      Delete
  5. Enak-enak keknya, Mbak.. :q

    ReplyDelete
  6. Cakep nih cafenya
    Kapan2 nyoba ach
    Terima kasih infonya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  7. wah,mbule nih ya mbk cafenya hehe..gayanya oke bingits sih^^

    ReplyDelete
  8. Hiks....kenapa ga dari dulu tau cafe ini? Skr udah jauh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo balik ke surabaya mbak.. Dan nyicip ini

      Delete
  9. Adis ini mantan Gadis Sampul majalah GADIS ya mak? Cantik bingits.
    Yang punya blog ini jg cantik dooong :-)

    ReplyDelete
  10. ya ampuuun, ada kafe sekece ini di surabaya dan aku baru tau :O
    wah...cocok nih, buat kongkow2 sekalian nggarap tugas #loh :D
    makasih mak, infonyaa ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak ada wifinya bisa buat ngerjain tugas

      Delete
  11. Wih duluan aja postingnya.. Aku baru selesai ngedraft :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal postingnya kamis... Katanya maks 3 hari kupikit kamis terakhir..

      Delete
  12. Makanannya mantep dan tempatnya asyik, pas lah :D

    ReplyDelete
  13. Crème bruleenya bikin nagiiiih mak >.<

    ReplyDelete
  14. Waduh mbak,,, ngiler saya.,. pengen Stilrod British Pizza, kayaknya bener2 menggoda :D

    ReplyDelete
  15. Gak ngerti sama nama2 makanannya, Mbak ... jadi bertanya2 .. cocok gak ya dengan lidah saya ...

    Orang Surabaya jadi punya alternatif buat foto pre wed ya? Keren juga ...

    ReplyDelete
  16. Wiih...sepanjang baca langsung ngiler, mba :)

    ReplyDelete
  17. Bisa jadi referensi untuk berfoto prewedding. Itu lokasinya di Surabaya mana Mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokasinya di Surabaya dekat taman bungkul

      Delete
  18. kalo masalah harga kira" kisaran berapa ya ?

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog