Tuesday, October 07, 2014

5 Olahan Populer Daging Kurban

Bau daging masih menyeruak dalam kulkas. Ini sudah hari tasyrek ke-2 belum juga habis. Biasanya kalau ada suami, satu kepala daging kambing bisa habis semalam. Kurban kali ini suami ikut rombongan Yatim Mandiri potong daging kurban ke Bali. Di keluarga, suami yang paling kuat makan daging kambing. Kalau aku, dua tusuk sudah puyeng kepala. Apalagi bapak mertua kebagian jatah kepala sapi, wuih makin menggila menumpuk ini daging.

Untuk mensiasati agar tidak bosan makan daging setiap hari, ada baiknya memang membuat ragam olahan, tidak diolah dalam satu menu. Sebagai referesi, kelima menu berikut ini merupakan olahan menu populer yang sering di masak untuk daging kurban. Mulai dari yang paling mudah sampai oalahan yang bisa tahan lama bagi yang enggan memasak macam-macam:

Baca juga: Cara Mudah Membuat Semur Lidah Bumbu Sederhana
Olahan daging kurban
  1. Sate Kambing atau Sapi
  2. Masakan sate yang paling mudah. Biasanya nggak menunggu lama, setelah dapat daging langsung dibakar, atau kadang sembari memotong daging kurban yang lain sibuk menusuk-nusuk daging sate. Dengan bumbu sederhana kecap dan bawang, sate sudah bisa dimasak. Eit, tapi awas bagi yang membuat sate jangan lupa sebelum dibakar simak tips mengolah daging sate dari Mbak Sarah agar tidak alot saat di makan
  3. Tongseng Kambing
  4. Kalau di sini lebih familiar disebut krengsengan daging. Menu dengan bumbu kecap disertai perintilan atau irisan bumbu lain, diantaranya; tomat, cabe merah, cabe hijau dan cabe rawit. Diakhir penyajian paling sedap diberi taburan bawang goreng. Hmmm,,, maknyus deh. Bisa mencoba resep sederhana Tongseng Kambing ala Mbak Nurul atau mencoba resep bumbu lengkap Tongseng Kambing ala Mbak Tatit
  5. Garang Asem Kambing ala Ummi Fadhillah
  6. Dari dulu aku sering denger masakan garang asem dari temanku yang bekerja di depot. Rasanya aku pernah makan, tapi tidak tahu kalau makanan yang aku makan adalah jenis garang asem.
    Seperti namanya, garang asem kambing rasa asamnya berasal dari penggunaan belimbing wuluh. Menu ini sangat cocok dengan karakter daging kambing yang baunya begitu menyengat. Rasa asam akan menetralisir baunya. Hm... patut mencoba ini nih bagi yang enggak suka masakan kambing.
  7. Rendang Daging
  8. Jika biasanya makan daging rendang di warung Padang. Enggak ada salahnya bereksperimen dengan daging kurban di kulkas. Resep Rendang Daging andalan mertuanya Mbak Tatit membuatku ngiler.
  9. Serundeng Daging
  10. Ini menu favorit ini. Bagi yang suka makan keringan, serundeng sangat cocok dijadikan teman makan dengan nasi anget. Serundeng aslinya masakan jawa dengan bahan dasar kelapa. Biasanya dijadikan sebagai topping tumpeng kalau di desa sana. Paling sedap kalau ada dagingnya. Cobain nih resep mudah membuat serundeng ala mbak Tatit.

23 comments:

  1. Serundeng menu favorit anakku demi anak dijabanin masak 2,5 jam :)

    ReplyDelete
  2. Semua yg disuguhkn pada artikel ini saya suka menyantapnya...
    Boleh ngantri utk dikirimin y...

    ReplyDelete
  3. waduh .. kk baru sekarang mbak, kasih resep olahannya .. daging kurban di rumah saya sudah habis hehehe

    ReplyDelete
  4. salam aidiladha. wah..satey kambing paling menyelerakan ya...

    ReplyDelete
  5. belum pernah makan gárang asem dari kambing mbak

    btw, imelku sudah dibaca belum ya?

    ReplyDelete
  6. Menu olahan daging qurban yang kompliiit...tinggal dipilih..dipiliih...:)

    ReplyDelete
  7. Kalau kami di rumah lebih sering dibuat sate, mbak. mantap, hhehe.

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah nyoba itu yg garang asem kambing, hmm... penasaran

    ReplyDelete
  9. kalau daging kurban dapat lebih biasanya dibikin bakso mbak :)

    ReplyDelete
  10. Kalok di rumah ku dibikin gepuk, sop sama gulai kering, Mbak.. Endeeeeus.. :P

    ReplyDelete
  11. belum pernah nyoba kambing di garang asem,menarik ya kayaknya,seger gitu

    ReplyDelete
  12. Asyik asyik.. tambah referensi buat masak..

    ReplyDelete
  13. Untuk Tonseng, SATE dan Rendan Daging sudah sering saya santap. Namun untuk serundeng dan garam Asem kayaknya belum saya coba deh

    ReplyDelete
  14. Naksir deh, sama serundeng nya :)

    ReplyDelete
  15. masih belum diapa-apain dagingnya ^_^

    ReplyDelete
  16. Bersyukur tahun ini dapat dagingnya sedikit, jadi gak puyeng ngolahnya :D

    ReplyDelete
  17. Garang asem kambing belum pernah nyoba....

    ReplyDelete
  18. ada 10 kantong daging di freezer.. baru diolah 2 kantong dengan bumbu ala Darmanto.. hehe :) karena saya menggunakan bahan yang ada di dapur aja kala itu.. kemiri, cabe besar, cabe rawit, bawang merah dan putih, merica, bawang pre, garam, gula, kecap.
    hehe
    kalo rasa,,, tetap enak lah.. siiippp :)

    ReplyDelete
  19. Biarpun orang Padang, aku belum pernah nyoba rendang dsging kambing lho, Mbak Nunu. Masake yo....:)

    ReplyDelete
  20. Wah tempat saya dimasak tongseng, sate, dan nugget mbak :D

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog