Wednesday, October 29, 2014

Jenis Sepatu Flat, Nyaman dan Tak Menyakitkan

Aku termasuk yang enggak betah menggunakan sepatu high heels. Sepatu dengan hak tinggi ini sering banget menyakiti kakiku. Jenis heels apapun, mulai dari wedges sampai stiletto bisa membuat kram kaki. Kadang pas nge-mall saking enggak betahnya, sampai duduk ndelosor di lantai demi memulihkan sakitnya.

Ngiri banget jika melihat perempuan memakai heels. Kayaknya mereka nyaman-nyaman saja memakainya. Kata temanku sih itu karena kebiasaan. Mereka sudah terbiasa menggunakan heels. Aku mencoba membiasakan, tetapi tetep aja enggak bisa. Biasanya bagian tumit yang terasa sakit. Entah kenapa aku selalu gagal paham dengan quotes tentang sepatu ini, "kadang kita harus rela menahan sakit demi sebuah penampilan." 

Kalau dipikir-pikir daripada menyakiti diri, aku lebih memilih sepatu yang cocok dan nyaman untukku. Sepatu dengan alas datar atau dikenal dengan flat shoes. Kayaknya enjoy aja dengan sepatu ini. Bisa dipakai untuk formal maupun casual tergantung jenis sepatunya. Termasuk semua jenis sepatu flat shoes, aku sangat suka memakainya.

Banyak toko-toko online yang menawarkan sepatu flat dengan model yang cantik-cantik, termasuk Lamido Marketplace, ragam flat shoesnya menggoda untuk dipanggil ke rumah. Tapi, sebelum membeli, kenali dulu yuk, jenis-jenis sepatu flat shoes itu ada apa saja:
  1. Sepatu Flip Flop
  2. Di Amerika sandal sering disebut sebagai flip flop. Tetapi belakang banyak yang mengidentikkan sebagai sepatu sandal. Karena memang bentuknya seperti sandal dengan tali di bagian belakang tumit, dan ada juga yang menyerupai sepatu dengan bagian depannya tertutup. Sepatu jenis flip flop sangat nyaman digunakan untuk acara casual. Misal untuk jalan-jalan di pantai atau sekedar santai di rumah.

  3. Sepatu Ballerina
  4. Seperti namanya ballerina adalah jenis tarian, sepatu ini mirip banget dengan sepatu yang dipakai para penari ballet. Ciri-cirinya, sepatu ini fit di kaki, dan terbuat dari bahan yang lentur. Ada juga yang menggunakan kerutan karet di setiap bagian sisi samping sepatu. Sehingga ketika dipakai karet ini nampak melekat di kaki.

    Belakangan sepatu ini populer dengan bahan mengkilap dan dilengkapi dengan tali memanjang ke atas. Sangat cocok dipakai ke acara kondangan. Namun tidak disarankan untuk dipakai traveling atau jalan-jalan dalam rentan waktu yang lama. Karena bentuk flatnya yang tipis sangat tidak nyaman dan mempengaruhi kualitas sepatu itu sendiri.

  5. Sepatu Oxford
  6. Ini model sepatu laki-laki yang dibuat lebih girly. Yang mahal terbuat dari bahan kulit asli sementara yang murah terbuat dari bahan sintetis. Serta terdapat tali sepatu senada dengan warna sepatunya. Sangat cocok dipakai untuk acara formal. Namun tak jarang juga dipakai untuk acara casual tergantung padu padan baju yang digunakan. Konon katanya jenis sepatu ini banyak yang menyebut sebagai sepatu vintage.

  7. Sepatu Sneaker
  8. Ada yang bilang ini sepatu olahraga. Bagian solnya terbuat dari bahan karet. Sehingga lebih fleksibel dipakai banyak gerak. Termasuk sepatu kanvas merupakan jenis sepatu sneaker. Umumnya kuat dan tahan lama. Cocok dipakai untuk kegiatan traveling.

  9. Flat Boot
  10. Zaman dulu, orang memakai boot untuk melindungi kakinya dari lumpur. Apalagi bagi orang di negara 4 musim, sepatu boot untuk menahan kakinya dari dinginnya salju. Tetapi belakang boot diperlukan untuk menunjang gaya yang lebih fashionable. Sepatu sepanjang betis ini memiliki model yang memikat.

Wishlish boot sneakernya Lamido :D
Sumber: lamido.co.id
Dari ke lima jenis sepatu diatas, tidak ada yang tidak aku suka. Sekarang lagi pengen beli sepatu flat boot yang agak lebih pendek. Mirip sneaker tapi dengan model boot seperti koleksi Lamido Indonesia di foto atas itu. Biar kata orang aku hidup di Indonesia yang panas, enjoy aja pakai boot. Hehehe

21 comments:

  1. Sehari-hari saya pakai sepatu flat yang murah tapi nyamaaan banget. Kata temen saya juga bagus, padahal murah banget. Mirip2 sepatu kungfu. Buat resmi bisa, ga resmi juga bisa. Mungkin namanya cheap shoes kali ya hehe. Tapi yang mahal dan bahannya bagus juga kerap enak dipakai. Yang penting belinya jangan pake duit utangan, jd ga kepikiran di hati. jadinya malah ga nyaman di kaki, wkwkwk....

    ReplyDelete
  2. q suka flat,simpel aja..dan pernah dikasih wali murid sepatu balerina..enak dipakeknya ^^

    ReplyDelete
  3. Aku juga lbh suka sepatu trepes

    ReplyDelete
  4. Aku suka flat shoes. Nggak bisa high heels. kalau pakai malah jalannya terseok-seok koyo bebek :)

    ReplyDelete
  5. Kalo jalan-jalan aku lebih suka pake flat shoes mbak. Heels cuma dipake pas acara resmi ato yang 'wah' gitu :D

    ReplyDelete
  6. Wiiih, wish listnya keren iku mba, aku yo pengin. Sneaker bootnya cakep bgt.

    ReplyDelete
  7. saya suka dua-duanya..yg flat dan high heels, krn saya pakai di acara yang berbeda

    ReplyDelete
  8. Biasanya kl ngajar aku pake wedges mbak..bukan apa2 sih biar kliatan tinggi aja..masa dosennya imut gini kalah ma anak2nya hihihi.... tp kl traveling or ngemall flatshoes selalu dihati. Lebih penting nyaman drpd ngikutin trend ;)

    ReplyDelete
  9. Flat okey...heels oke...bagi bumil emang hrus trepes cz pngaruh k peredaran darah..bagi yg tingginya semampai (semeter tak sampai) kyak daku hehe pke heels oke jga asal ndak yg 9 cm aja hahay

    ReplyDelete
  10. dua-duanya oke...bagi bumil ya trepes aja cz pngaruhh predaran darah... bgi yng kendep kyak daku ya pke heels asal g yang 9 cm ja hehe...

    ReplyDelete
  11. Wiih keren Mbak Nu .... mbak Nu modis banget ^_^

    ReplyDelete
  12. suka yg flat..soalnya banyak jalan kaki ..

    ReplyDelete
  13. Lha saya malah jarang pakai sepatu mbak, hihihihi :D

    ReplyDelete
  14. Bootnya menggoda. Warnanya kaleeem. Pingiiin. ^~*

    ReplyDelete
  15. Hmm.. Aku pernah baca, katanya pake sepatu high heels emang nggak sehat loh mbak. Bukan cuma sekedar sakit di kaki. Tapi entah lah itu bener atau nggak. Yang jelas di Islam juga sebenernya para perempuan nggak dianjurkan pake sepatu high heels gitu kan ya? Kalo nggak salah..

    Wuih Lamido. Dulu aku pernah iseng jualan di Lamido loh mbak. Tapi nggak bertahan lama :D

    ReplyDelete
  16. Kalau sepatu flat itu lebih jujur dalam ukuran tinggi badan..

    ReplyDelete
  17. Dari dulu suka sneakers kayak kets praktis bust mobileđź‘ź

    ReplyDelete
  18. Aku jugak ngga betah pakek heels, Mbak. Pegel. :P

    ReplyDelete
  19. Artikel yang bermanfaat..
    thanks :)

    ReplyDelete
  20. mbak nunu salam kenal ya..
    keren banget artikelnya.
    detail banget dalam klasifikasi sepatu flat.
    Ijin share ke facebook ya buat referensi temen-temenku.
    Trus kalau mau hunting sepatu favorit mbak nunu, bisa mampir ke tokoku ya. tak kasih diskon nanti. thanks

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog