Tuesday, October 21, 2014

Mengincar Kerak Telor di Festival Budaya Nusantara

Wujud kerak telor Jakarta
Menyambut Presiden baru di ibukota Jakarta sana, kabarnya juga ada festival kuliner. Salah satu makanan lokal yang terkenal dari Jakarta adalah kerak telor. Saking penasarannya dengan kerak telor sewaktu aku ke Jakarta, sampai dibela-belain teman-temanku nyari di festival budaya nusantara, Agustus lalu.

Namanya kerak telor tentu bahan utamanya adalah telur, ada telur bebek dan ada telur ayam tergantung selera pembeli. Di masak menggunakan sebuah wajan mini di atas bara api. Telur diaduk dengan campuran beras dan bumbu-bumbu serbuk kemudian dimasak hingga beras matang menjadi kerak di atas wajan.

Rasanya, hm.. Seperti makan emping nasi dan telur. Ada rasa gurih-gurihnya. Tetapi ada juga bau anyirnya. Apalagi yang menggunakan telur bebek lumayan menyengat. Lebih enak yang menggunakan telur ayam.

Harga kerak telor sendiri berbeda antara telur ayam dan telur bebek. Ketika aku beli di festival budaya Agustus lalu, kerak telor bebek harganya bisa mencapai 30.000 sementara kerak telor ayam 20.000.

Entah harga ini karena festival budaya atau memang umumnya harga kerak telor segitu. Sebagai orang yang baru merasakan makan kerak telor, harga segitu menurutku terlalu mahal untuk ukuran cemilan. Yap aku menganggap kerak telor bukan sebagai panganan utama lainnya yang harganya lebih murah.

Aku rasa penjual juga memanfaatkan kepopuleran kerak telor ini. Tentu saja akan menjadi incaran para pelancong yang belum pernah merasakan makanan ini. 

Proses pembuatan kerak telor

17 comments:

  1. Saya pernah makan kerak telur di Monas dan Jakarta Fair
    Enak ya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. seumur umur belum pernah makan kerak telor,,,dan aku pengennnnnn,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. makany kejakarta mbk dwi ..... :D

      Delete
  3. Aku pikir jugak kemahalan, Mbak..

    ReplyDelete
  4. Kerak Telor yummy. KalauMinggu ada di GOR Sidoarjo Nu. :)

    ReplyDelete
  5. wah kayaknya gurih-gurih enyoy banget tuh :D

    ReplyDelete
  6. asli,,,, pertama kali makan krak telor enak banget dah ..... :D

    ReplyDelete
  7. malah belum pernah coba kerak telor walau sering ketemu pak akhmad si penjual kerak telor :-)

    ReplyDelete
  8. aku belum berniat untuk nyoba makan ini mba nunu... liatnya aja udah ngeri sendiri.. ga begitu suka telor :D

    ReplyDelete
  9. bagi donk mbak :D
    saya belum pernah makan yang namanya kerak telor, hahaha

    ReplyDelete
  10. Hmmm Nyummi Ini Makanan Yg Menurut Saya Rasanya Jakarte Bingits

    ReplyDelete
  11. Makanan yang yummy tuh, walaupun saya gak nyicipin di luar kota Jakarta

    ReplyDelete
  12. Saya sudah nyicipin tuh mbak, dua kali... kerak telor memang enak dan bikin ketagihan, hohoho.. :D Di boyolali pas ada pameran UKM, ada yang jualan :D

    ReplyDelete
  13. Aku blum pernah makan kerak telor, didaerah rumah gk ada yg juak.. Hehe kasihan ya *nunjuk diri sendiri*

    ReplyDelete
  14. aneh rasanya,pertama kali maka kerak telor di batam tahun lalu.penasaran sm yg di jakarta...hehe
    maaf mbk baru bisa bewe, bewenya di rapel hehe

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog