Sunday, October 12, 2014

Pengalaman Seru Buka Rekening Tahapan Xpresi di myBCA

Inovasi perbankan berkembang seiring kemajuan teknologi, begitu pula dengan BCA. Sebagai salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia, BCA menawarkan inovasi kemudahan teknologi melalui myBCA.

Spesial-nya dari layanan ini adalah tersedianya layanan perbankan yang bisa didapatkan melalui mesin elektronik berteknologi canggih. Mulai dari mesin komputer layar sentuh hingga penggunaan gadget tab, dan video banking yang tersambung dengan video conference.

myBCA juga bisa disebut self service branch karena kita bisa melakukan sendiri kegiatan perbankan dengan menggunakan beragam mesin elektrik. Meski demikian di gerai layanan myBCA juga ada petugas duty officer untuk melayani bantuan terhadap nasabah yang kesulitan menggunakan mesin-mesin elektronik tersebut.
Selamat datang di ruang serba canggih gerai myBCA
Bisa dilihat dari ruangannya, gerai myBCA yang terletak di Ciputra World Mall lantai 2 Surabaya, berjajar mesin-mesin elektronik. Seperti halnya kantor bank BCA, mesin-mesin ini yang akan bertugas melayani nasabah.

Begitu memasuki ruang myBCA, nasabah disambut oleh mesin digital information. Dengan menggunakan PC touch screen & gadget tab, kita bisa mendapatkan informasi seputar perbankan yang ada di BCA. Mulai dari info produk dan layanan BCA, promo BCA, simulasi cicilan Kredit Perumahan Rakyat (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan kartu kredit, dan masih banyak info-info menarik lainnya.

Digital information untuk kenyamanan privasi nasabah
Selain digital information, nasabah juga akan disambut oleh mesin Flazz. Di mesin ini pengunjung dapat membeli Flazz secara mandiri. Selain membeli, nasabah BCA juga dapat melakukan top-up, hingga cek saldo.
Layanan video call di gerai myBCA
Lalu, jika ada kendala perbankan seperti kartu atm tertelan, ingin merubah pembayaran kartu kredit menjadi cicilan, hingga bertanya-tanya mengenai produk BCA, kita sebagai nasabah bisa berinteraksi langsung dengan customer service Halo BCA menggunakan video call, GRATIS tanpa dipungut biaya atau memakan pulsa.

Setelah selesai mencoba digital information & Halo BCA video call, saya pun lalu melakukan pembuatan Tahapan Xpresi; tabungan yang ditujukan untuk mereka yang berjiwa muda, karena bisa mengekspresikan diri secara bebas melalui beragam desain kartu ATM/debit (dikenal dengan Paspor Xpresi), atau malah memajang foto sendiri.

Tahapan ini juga mengandalkan fitur-fitur buat mereka yang berjiwa muda. Tanpa butuh buku tabungan, mereka yang menjadi nasabah Tahapan Xpresi bisa mengecek segala kegiatan perbankan yang dilakukan melalui KlikBCA ataupun m-BCA yang sudah terintegrasi dengan baik. Fungsi Paspor Xpresi sendiri sama seperti Paspor BCA Silver, dimana tetap bisa mengambil duit di mesin ATM, serta men-debet di gerai-gerai yang telah bekerjasama dengan BCA.

Kembali lagi ke kegiatan pembukaan Tahapan Xpresi. Saya pun lalu diarahkan untuk masuk ke sebuah ruangan Video banking. Di dalam ruangan tersebut tersedia sebuah mesin khusus yang akan membantu kita membuka Tahapan Xpresi.

Dengan dua layar monitor; layar monitor pertama yang berfungsi untuk berkomunikasi secara langsung dengan customer service Halo BCA yang berada di Jakarta, layar monitor kedua sebagai papan ketik untuk menginput data saya sebagai nasabah baru

Berikut jelasnya;
  • Screen play
  • Sebuah layar yang berfungsi sebagai medium video conference dengan Customer Service Halo BCA yang akan membantu kita untuk membuka Tahapan Xpresi.
  • Screen touch
  • Layar sentuh untuk control perbankan. Bisa dikendalikan dua arah oleh customer service sebagai panduan terhadap nasabah. Seperti halnya kertas, petugas yang jaraknya begitu jauh, bisa mencorat-coret layar touch screen ini. Misalnya menggaris bawahi keterangan untuk mempertegas penjelasan dari customer service. Dan bisa dikendalikan oleh nasabah ketika proses persetujuan.
  • Scanner
  • Kartu identitas (KTP, SIM, Pasport atau Kitas) dan NPWP merupakan salah satu syarat untuk membuka rekening Tahapan Xpresi. Dokumen ini menjadi pendukung data diri nasabah yang harus dilampirkan. Seperti halnya mesin foto copy, mesin scanner ini sebagai media scan data dalam bentuk soft copy. Tanpa perlu kertas lagi, hasil scan bisa langsung muncul di atas layar touch screen. Di sini acungan jempol buat BCA dalam upayanya mengurangi penggunaan kertas bagi dampak lingkungan hidup.
  • Layar Tanda Tangan
  • Tanda tangan memang menjadi hal krusial. Setiap pembukaan rekening selalu membutuhkan tanda tangan nasabah. Mesin tanda tangan bisa merekam tanda tangan nasabah saat pembukaan rekening yang otomatis terbubuhkan dalam digital form.
  • Slot Untuk Setoran Tunai
  • Sebagai setoran awal rekening, nasabah akan diminta melakukan setor tunai. Mesin ini dapat membaca nilai nominal uang Rp.50.000,- dan Rp.100.000,-
  • Print Paspor Xpresi
  • Ketika proses pembukaan rekening hampir selesai, Agent Halo BCA yang membantu akan meminta kita memilih design kartu Paspor Xpresi yang diinginkan. Bisa berdasarkan design khusus dari BCA atau menggunakan foto ekspresi diri sendiri. Paspor Xpresi akan otomatis tercetak melalui mesin print kartu Paspor Xpresi ini.
  • Slot Paspor Xpresi
  • Sama seperti slot kartu ATM di mesin ATM, bedanya mesin slot ini untuk sekedar membaca data kartu, seperti nomor kartu, no rekening kartu, pemilik kartu, dan nominal yang ada dalam Paspor Xpresi yang otomatis akan diketahui petugas customer service, serta muncul di layar touch screen.
  • Drop Box
  • Saat membuka Tahapan Xpresi, nasabah akan diminta mengisi surat pernyataan apakah sebagai warga Negara asing atau warga negara Indonesia dalam selembar kertas. Drop Box ini digunakan sebagai arsip surat penyataan tersebut atau jika diperlukan surat-surat lain yang harus ditanda tangan secara manual.
    Proses pembukaan Tahapan Xpresi
Proses pembuatan rekening Tahapan Xpresi di video banking ini sangat mudah. Setelah memasuki bilik Video Banking, kita cukup menyentuh layar touch screen tepat meja menghadap ke atas, otomatis akan melakukan panggilan ke customer service Halo BCA di Jakarta.

Nasabah pun akan berhadapan langsung dengan video customer service tepat pada layar di hadapan, lalu akan dipandu oleh customer service tersebut.

Luar biasa. Video Banking myBCA memberikan pengalaman baru buka rekening. Meskipun menggunakan elektronik canggih, tetapi user friendly bagi yang masih belum terbiasa. Keterangan-keterangan di setiap mesinnya mudah dipahami, begitu juga dengan arahan customer service-nya; ramah dan menyenangkan. Bahkan nasabah bisa mengobrol dengan customer service dalam mengisi waktu luang, misalnya ketika menunggu cetak kartu ATM.

Saya sendiri ketika melakukan kunjungan ke gerai myBCA di Ciputra World Mall Surabaya, untuk melakukan pembukaan rekening Tahapan Xpresi BCA, datang bersama seorang teman.

Kecanggihan teknologinya lah yang akhirnya membuat teman saya kepincut untuk melakukan hal sama. Justru teman saya mencoba hal baru, selain membuka rekening Tahapan Xpresi BCA, teman juga mengajukan aplikasi Credit Card dengan fitur yang ada di myBCA.

Tanpa malu-malu sayapun mengajaknya berekspresi untuk dicetak di kartu ATM saya. Seru dan menyenangkan! Sungguh sebuah pengalaman berbeda!

56 comments:

  1. sesuai namanya Tahapan Xpresi, di myBCA setiap nasabah bisa mengekpresikan kenyamanan, dan kreativitasnya dalam menabung, ini yang keren di myBCA...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Neng mah suka pake BNI, tapi boleh jadi lain kesempatan kudu ngebuka rek. tahapan bca neh

      Delete
    2. hahahay emang seru kok gan :)
      http://lirik-gila.blogspot.com

      Delete
  2. sy iya iya aja yah mbak ,,,, alnya sy nasabah BNI dari jaman bahela ......heheheh ,,,,, pisssss ,,, eh tapi BCA administrasi perbulanya brp mbk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk BCA Tahapan Xpresi ini biaya administrasinya muraaaah banget cuma Rp 5.000 mas... Gak pakai buku tabungan semua dilakukan melalui digit

      Delete
    2. wahhhhhh,,,,, murah amat 5000 ,,, di BNI perbulan 10rb ,,,,hehe, oiy ,,,, awal buka rekening hrus diisi br mbk di BCA?

      Delete
    3. Setoran awal Tahapan Xpresi lumayan dikit mas minimal 100.000 karena memang untuk anak2 muda jadi gak membebankan. Maksimalnya 1.000.000

      Delete
    4. waaaah ,,,,, 100rb dh bisa yah ....hehehe keren keren ,,,, :)

      Delete
  3. Duh.. Canggih bener alatnya.. Seperti Bakalan bengong nih kalau aku brhadapan sama alat2 ini..

    ReplyDelete
  4. wah saya masih gaptek dengan BCA mah, maklum yang paling deket dari desa bukan BCA sih, tapi kayanya pengen juga punya Tahapan BCA via Tahapan Xpresi, keren dan kliatan tambah gaul gituh deh ya...hiyah ah bikin ah

    ReplyDelete
  5. wahhhh kereennn kayaknya bener bener seru yahh jadi kpengen buka rekening nihh di myBCA :D

    ReplyDelete
  6. makin keren aja BCA denan adanya Tahapan Xpresi BCA dan myBCA ...

    ReplyDelete
  7. MyBCA emang keren, segalanya jadi praktis dan mudah. Kartunya aku pilih gambar fotoku sendiri hahaha...biasa emak narsis :)

    ReplyDelete
  8. sip mbak infonya :)
    pelayanan BCA memang mengaggumkan :)

    ReplyDelete
  9. wah lengkap sekali mbak...terima kasih mbak saya jadi lebih tau sekarang, soalnya blm pernah punya rek BCA juga :)
    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  10. ijin berkomentar dulu, baru membaca hehe

    ReplyDelete
  11. sayang di tempatku ga ada BCA jauh dari kota...

    ReplyDelete
  12. Kalo nggak salah ini yang kemaren dibahas di The Comment. Bisa cetak kartu yang style kita banget.

    Tapi emang harus dateng ke lokasi gerai myBCA-nya ya mbak? Kalo gitu sama aja dengan dateng ke bank donk? Kupikir bisa dimana aja gitu.

    Aku bukan nasabah BCA sih. Berharap bank tempat aku nitipin uang bersedia merugi untuk membuat kembarannya myBCA. Kyknya seru ^_^

    ReplyDelete
  13. Pengisian di kertas cuma sesekali saja yah, Mbak. sebagian besar secara elektronik. keren myBCA :)

    ReplyDelete
  14. Selama ini di kota saya kok belum ada ya mbak Gerainya?
    Apa mungkin hanya ada di kota-kota besar aja sih?

    ReplyDelete
  15. saya dengar bank BCA enak ya, gak ada saldo minimum,, gak kaya bank sebelah harus ada saldo minimum 100rb :(

    ReplyDelete
  16. Kayaknya aku juga perlu nih buka rekening BCA. Fasilitasnya oke banget ya

    ReplyDelete
  17. pengalaman yang luar biasa dan digambarkan secara detail supaya memudahkan orang memahami nya

    ReplyDelete
  18. Entah kenapa banyak dari kawan ku bukak rekening BCA tuh katanya susah banget.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tahapan biasa rada ribet syarat2nya beb.. Kalau yang ini mah guampang.. Asal mau datang ke myBCA

      Delete
    2. masih sulitan ujian skripsi beb hehe, betul nggak mbak nunu...

      Delete
  19. hmmm.. jarang pakai fasilitas bank , buka rekening cuma numpang lewat / buat transfer biar gampang :D
    moga dapat rezeki bisa nabung banyak

    ReplyDelete
  20. mmm...buka rekening BCA aah biar bisa dapetin banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  21. Informasi menarik, dulu saya sempat buka dan karena belum ada yang ditabung jadi nganggur. bisa gak ngelanjutin lagi? padahal saya pilih yang kelas GOLD utk atm-nya kala itu..

    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  22. eh iya... kalo rekening biasa kan harus sesuai domisili, kalo gak mesti ada surat keterangan kerja atau surat keterangan dari kelurahan.. aku kemarin di bandung buka biasa, tapi untungnya sebelumnya pernah punya rekening di BCA... jadi boleh di mana aja... buka Xpresi ini gitu juga gak sih? atau bisa di semua cabang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Xpresi gak harus sesuai domisili mbak. Ini aku KTP Mojokerto bikin di myBCA Surabaya. Xpresi mudah banget.... karena peruntukannya memang buat anak muda. Sekarang emak2 bisa bikin tahapan Xpresi

      Delete
  23. Kapan ya saya bisa buka rekening BCA #lirik dompet yg tinggal ekstraknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. ekstrak kulit sapi atau plastik dompetnya..?? :)

      Delete
  24. sedikit kcewa sma atm bca dlu pengalaman saya saat mau narik uang. kartu atm sya mlah ketelen mesin atm. Mba pernah mngalami hal ini ngga? huftt jujur dlu kecewa sma pihak cust bca nya smpai dipersulit mw minta kartu atm yg baru hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di myBCA bisa langsung video call sama customer servicenua

      Delete
    2. laper mesin atmnya mas Ilham :)

      Delete
  25. kalau saya pakai rekening mandiri mb, yang kantor cabangnya deket dengan kampung saya, kalau BCA harus kekota, wah pasti seru abis dan banyak pengalaman tentunya

    ReplyDelete
  26. Aihh.... lengkap banget penjelasannya mbak Nunu, myBCA memang hebat yaa

    ReplyDelete
  27. Waw, komennya udah nembus..tak bantuin nyundul mbak Nunu.
    Komplit banget ulasannya, mak itu yang motoin aku kn ?
    Kita tunggu inovasi2 terbaru dari BCA selanjutnya.

    ReplyDelete
  28. canggih... kapan di bandung ada beginian...

    ReplyDelete
  29. Bantuin nyundul dong mbak Nunu ;
    http://misbach138.wordpress.com/2014/10/14/mybca-masa-depan-teknologi-perbankan/

    ReplyDelete
  30. Sepertinya ada blogger lain yang juga menceritakan hal serupa tentang pengalamannya daftar myBCA ekspresif ini Bu Nunu.. tapi lupa siapa hehe.. dan tak kalah lengkap dengan info dari Panjenengan..

    Kalau saya sudah pakem dari kantor Bu, dapetnya BNI 46 cuman buat nitip sementara aja sebelum dikuras sama Istri :)

    ReplyDelete
  31. ini tulisan yang senada punya Bu Nunu.. blognya mas Richo:
    http://blog.richoku.com/2014/10/fleksibilitas-mybca.html

    ReplyDelete
  32. wah kalau saya belum punya tu rekening BCA :D

    ReplyDelete
  33. kunjungan perdana, salam perkenalan ya :) ^_^

    ReplyDelete
  34. kunjungan perdana, salam perkenlan ya :) ^_^

    ReplyDelete
  35. makin ok ya BCA, bener-bener layanan dengan teknologi Hi-tech. Nanti harus mencobanya ah

    ReplyDelete
  36. Saya sampai sekarang belum pernah punya rek BCA nih, jadi pengen nyoba :D

    ReplyDelete
  37. Jadi pengen bukak rekening juga nih di MyBCA, tapi gaakk punya uanggg.. hehehe jadi gak ada yang dimasukkkin deh di ATM nyaa

    ReplyDelete
  38. wah belum pake bu. Insya Allah jika jodoh make juga...

    ReplyDelete

Thanks for comming and no spam please

Follow
My twitter @ununtriwidana
My Instagram @nunuelfasa

Feel Free To Follow My Blog